Jumat, 04 September 2020

Fungsi menu icon pada Tab MS. WORD

 

Fungsi-Fungsi Menu Icon pada Tab Menu Microsoft Word

Dalam pembahasan sebelumnya, Anda sudah memahami kalau ada delapan menu utama saat membuka lembar kerja. Tetapi yang berkaitan langsung dengan urusan pengetikan, ada pada bagian Tab Menu. Supaya bisa semakin paham, berikut ini penjelasan yang paling detail dan lengkap pada setiap icon di Tab Menu Microsoft Word.

1. FILE

tampilan menu FILE pada Word

Dalam kelompok menu FILE, terdapat banyak sekali perintah yang berkaitan langsung dengan urusan pengetikan dokumen. Berikut ini adalah yang harus Anda pelajari satu-persatu:

  • SAVE: Jika sudah menyelesaikan pekerjaan di lembar kerja, langsung simpan dokumen tersebut supaya tak hilang. Dalam versi Word masa kini, biasanya juga tersedia fitur otomatis autosave setiap beberapa menit sekali. Jika sebuah dokumen kerja telah di-save, Anda tak perlu khawatir jika komputer tiba-tiba mati karena listrik padam atau rusak
  • SAVE AS: Menu ini sebetulnya memiliki fungsi hampir sama dengan SAVE, hanya saja untuk SAVE AS lebih spesifik. Dengan SAVE AS, Anda bisa memilih dokumen mau disimpan di mana atau mungkin diganti nama atau ekstensi file
  • OPEN: Membuka file dokumen yang sebelumnya sudah disimpan di komputer atau media lain
  • CLOSE: Menutup dokumen yang telah dibuka atau dibaca
  • INFO: Memuat rincian informasi dari dokumen yang tengah dikerjakan
  • RECENT: Memperlihatkan daftar dokumen yang baru saja dibuka atau sedang diedit
  • NEW: Membuka lembar kerja baru pada aplikasi Word
  • PRINT: Mencetak dokumen yang sudah dibuat. Pastikan kalau perangkat komputer Anda sudah terhubung dengan printer supaya bisa melakukan proses pencetakan dokumen
  • SAVE AND SEND: Menyimpan dokumen kemudian mengirimkannya ke email atau diunggah langsung ke blog. Fitur ini hanya bisa digunakan jika komputer Anda sudah memasang browser dan memiliki akses internet
  • HELP: Merupakan menu bantuan jika menemui masalah saat menggunakan Word
  • OPTION: Berisi aneka menu yang dibutuhkan untuk melakukan penyesuaian tampilan dokumen/lembar kerja
  • EXIT: Menutup sekaligus keluar dari aplikasi Word

2. HOME

tampilan menu HOME

Pada Tab Menu HOME, ada lima bagian menu yang memuat berbagai Ribbon Tool. Di mana masing-masing tool itu memiliki fungsi yang berkaitan langsung untuk kebutuhan pengetikan di lembar kerja. Berikut ulasannya:

a). CLIPBOARD: Merupakan pengelompokan ikon yang berfungsi untuk menyalin atau memindahkan elemen dalam sebuah dokumen

  • PASTE: Menempelkan teks atau obyek baik gambar/tabel yang sebelumnya sudah disalin
  • COPY: Menyalin atau meng-copyteks atau obyek
  • CUT: Memotong sekaligus memindahkan teks atau obyek
  • FORMAT PAINTER: Meniru alias menyalin format sebuah halaman lembar kerja untuk digunakan pada halaman lain

b). FONT: Merupakan pengelompokan ikon alias Ribbon Group yang berfungsi untuk mengubah dan menyesuaikan tampilan font baik berupa huruf, angka atau karakter spesial

  • FONT: Memilih jenis dan gaya huruf
  • FONT SIZE: Mengubah dan menyesuaian ukuran huruf pada lembar kerja
  • GROW FONT: Menambah atau memperbesar ukuran font
  • SHRINK FONT: Mengurangi atau mengecilkan ukuran font
  • CHANGE CASE: Mengubah teks yang dipilih menjadi huruf kapital
  • CLEAR FORMATTING: Menghapus seluruh format pengaturan pada tampilan teks
  • BOLD: Memberikan efek tebal pada teks
  • ITALIC: Memberikan efek miring pada teks
  • UNDELINE: Memberikan efek garis bawah pada teks
  • STRIKETHROUGH: Memberikan efek coretan pada teks
  • SUBSCRIPT: Membuat format pangkat di atas pada teks
  • SUPERSCRIPT: Membuat format pangkat di bawah pada teks
  • TEXT EFFECT: Memberikan beberapa efek pada teks
  • TEXT HIGHLIGHT EFFECT: Menampilkan semacam efek stabilo pada teks
  • FONT COLOR: Mengubah warna teks

c). PARAGRAPH: Berisi sekelompok ikon yang mengatur sekaligus menyesuaian format paragraf sebuah dokumen

  • BULLET: Menambahkan bullet dan berbagai tanda lainnya pada teks dengan format listing
  • NUMBERING: Menambahkan format penomoran secara otomatis pada dokumen
  • DECREASE INDENT: Menggeser paragraf dokumen ke bagian kiri
  • INCREASE INDENT: Menggeser paragraf dokumen ke bagian kanan
  • ALIGMENT LEFT: Membuat teks menjadi rata kiri
  • ALIGMENT CENTER: Membuat teks menjadi rata tengah
  • ALIGMENT LEFT: Membuat teks menjadi rata kanan
  • JUSTIFY: Membuat teks menjadi rata kanan dan kiri
  • LINE AND PARAGRAPH: Mengatur sekaligus menyesuaikan jarak antar baris pada dokumen
  • SHADING: Mengubah warna di bagian latar belakang teks
  • BORDER: Menambahkan garis tepi/border pada teks

d). STYLE: Berisi sekelompok ikon yang berfungsi sebagai text formatting supaya bisa digunakan lebih cepat saat pengetikan, tanpa perlu mengatur terlebih dulu

e). EDITING: Berisi sekelompok ikon yang berfungsi untuk melakukan editing pada dokumen yang dikerjakan

  • FIND : Mencari atau menemukan kata-kata tertentu pada dokumen
  • REPLACE: Berfungsi mengganti kata-kata tertentu pada dokumen secara sekaligus
  • SELECT: Memilih sekaligus memblok teks pada dokumen

3. INSERT

tampilan menu INSERT

Seperti namanya, Tab Menu INSERT berfungsi untuk memasukkan obyek ke dalam lembar kerja Word atau dokumen. Setidaknya ada tujuh Ribbon Group yang bisa Anda pelajari

a). PAGES: Berisi ikon yang berfungsi untuk menyesuaikan pengaturan pada lembar kerja

  • COVER PAGE: Menyisipkan halaman cover pada dokumen
  • BLANK PAGE: Memasukan sebuah halaman kosong ke dokumen
  • PAGE BREAK: Memotong/memutus halaman dan pindah ke halaman berikutnya

b). TABLE: Seperti namanya, ikon ini berfungsi untuk memasukkan tabel pada lembar kerja. Anda bisa memilih ada berapa kolom dan baris yang dibutuhkan

c). ILLUSTRATIONS : Sekelompok ikon yang berfungsi untuk memasukkan gambar, chart, clipart atau tabel dan lain-lain ke dokumen

  • PICTURE: Memasukan gambar dari media penyimpanan ke lembar kerja
  • CLIP ART: Memasukan clip art yang sudah disediakan oleh sistem Windows ke dokumen
  • SHAPES: Membuat berbagai bentuk sederhana seperti lingkaran, persegi, elips, dll
  • SMARTART: Membuat semacam tabel structural ke dalam dokumen
  • CHART: Membuat grafik dengan aneka bentuk sesuai kebutuhan dan data

d). LINKS : Sekelompok ikon yang memiliki fungsi menghubungkan ke tautan alias link atau dokumen hingga obyek lainnya

  • HYPERLINK: Memasukan sebuah tautan/link/url web tertentu ke dalam teks atau obyek di dalam dokumen
  • BOOKMARK: Menghubungkan suatu bagian dari dokumen dengan bagian lain
  • CROSS-REFERENCE: Menghubungkan sebuah teks dengan suatu objek yang masih ada di dalam dokumen yang sama

e). HEADER & FOOTER: Sekelompok ikon yang berfungsi menyesuaikan pengaturan pada bagian atas dan bawah dokumen

  • HEADER: Menambahkan header pada bagian atas setiap halaman dokumen
  • FOOTER: Menambahkan footer pada bagian bawah setiap halaman dokumen
  • PAGE NUMBER: Menyisipkan nomor pada setiap halaman dokumen

f). TEXT: Sekelompok ikon yang berfungsi membuat teks dengan berbagai efek dan bentuk

  • TEXT BOX: Menambahkan kotak kosong yang berisi teks pada dokumen
  • QUICK PARTS: Menyisipkan berbagai objek ke dalam lembar kerja MS Word
  • WORD ART: Memberikan sejumlah efek keren pada teks tertentu di dokumen
  • SIGNATURE LINE: Menambah tempat kosong yang bisa digunakan untuk tanda tangan
  • DATE & TIME: Menambahkan tanggal ke dalam dokumen
  • OBJECT: Untuk menambahkan objek tertentu ke dalam dokumen

g). SYMBOL: Sekelompok ikon yang berfungsi menyisipkan berbagai simbol umum

  • EQUATION: Menambahkan berbagai simbol yang umum digunakan dalam matematika ke dalam lembar kerja
  • SYMBOL: Menambahkan berbagai bentuk simbol ke dalam lembar kerja

4. PAGE LAYOUT

tampilan menu PAGE LAYOUT

Dalam Tab Menu PAGE LAYOUT, Anda bisa menemukan berbagai Ribbon Group yang berfungsi mengatur dan menyesuaikan segala hal yang berkaitan dengan tampilan hasil lembar kerja Word

a). THEMES: Sekelompok ikon yang berfungsi menyesuaikan tema dan tampilan halaman lembar kerja

  • THEMES: Memilih tema halaman dan juga warna dari teks
  • COLORS: Menentukan warna dari tema halaman lembar kerja
  • FONT: Memilih jenis font yang akan digunakan pada lembar kerja Word
  • EFFECT: Mengatur efek yang akan berdampak pada objek di dalam dokumen

b). PAGE SETUP: Sekelompok ikon yang berguna untuk mengatur segala hal yang berhubungan dengan halaman lembar kerja

  • MARGIN: Menyesuaikan batas pinggir lembar kerja
  • ORIENTATION: Menentukan apakah dokumen berbentuk horizontal atau vertikal
  • SIZE: Menyesuaikan ukuran panjang dan lebar halaman dokumen
  • COLUMNS: Menentukan jumlah teks akan dibagi menjadi beberapa kolom
  • BREAKS: Mengatur bentuk dan letak dari halaman ataupun kolom teks
  • LINE NUMBERS: Memberikan penomoran pada setiap baris teks
  • HYPENATION: Untuk memisahkan antara kata dengan penghubung

c). PAGE BACKGROUND: Sekelompok ikon yang berfungsi mengatur aneka efek pada lembar kerja

  • WATERMARK : Memberikan watermark pada lembar kerja.
  • PAGE COLOR: Memilih warna lembar kerja
  • PAGE BORDER: Memberikan garis tepi pada dokumen

d). PARAGRAPH: Sekelompok ikon yang berfungsi menyesuaikan pengaturan tampilan format paragraf dokumen

  • INDENT: Menambah ataupun mengurangi jarak teks dari pinggir halaman dokumen
  • SPACING: Menentukan jarak antar paragraf teks dalam dokumen

e). ARRANGE: Sekelompok ikon yang berguna untuk mengatur tampilan format obyek di lembar kerja

  • POSITION: Memilih sekaligus menentukan letak dari suatu objek dalam dokumen
  • WRAP TEXT: Mengatur posisi dari obyek dalam sebuah paragraf
  • BRING FORWARD: Meletakkan suatu obyek di depan obyek lainnya pada lembar kerja
  • SEND BACKWARD: Meletakkan suatu obyek di belakang obyek lainnya pada lembar kerja
  • SELECTION PANE: Menampilkan navigasi obyek
  • ALIGN: Menentukan perataan dari suatu obyek
  • GROUP : Mengelompokkan beberapa obyek menjadi satu
  • ROTATE: Memutar posisi suatu obyek

5. REFERENCES

tampilan menu REFERENCES

Termasuk Tab Menu yang cukup jarang digunakan oleh pengguna Word, pada REFERENCES juga mengandung beberapa Ribbon Group yang memiliki fungsi masing-masing. Seperti misalnya untuk mengatur footnote, table of content, insert captions hingga index dan lainnya

6. MAILINGS

tampilan menu MAILINGS

Sebagai sebuah perangkat lunak pengolah kata, Anda juga bisa mengerjakan surat yang secara otomatis langsung dalam jumlah banyak. Untuk itulah digunakan Tab Menu MAILINGS ini. Ada beberapa fitur dalam penulisan surat masal seperti Mail Merge yang memungkinkan Anda menulis satu surat berisi sama tapi penerimanya berbeda-beda. Dalam MAILINGS, Anda juga bisa mengatur tampilan amplop dan label yang mempermudah pekerjaan

7. REVIEW

tampilan menu REVIEW

Seperti namanya, Tab Menu ini memang berfungsi untuk melakukan review dari lembar kerja yang sudah terisi. Mulai dari pengecekan spelling hingga grammar yang berkaitan dengan tata bahasa, hingga perhitungan jumlah kata, bahasa yang sering dipakai sampai lainnya. Tentu saja REVIEW ini akan sangat berguna bagi Anda yang berprofesi sebagai seorang penulis yang memang dituntut punya hasil kerja pengetikan mendekati sempurna.

8. VIEW

tampilan menu VIEW

Toolbar VIEW ini berfungsi sebagai pengaturan tampilan lembar kerja. Misalkan saja Anda ingin melihat dokumen dalam tampilan dua halaman atau lebih hingga menambahkan ruler atau navigasi halaman, semua tersedia di VIEW. Beberapa tool yang ada seperti DOCUMENT VIEW dan ZOOMING sampai tampilan jendela pada Word.

Kesimpulan

Melalui pembahasan yang super lengkap di atas, bisa disimpulkan bahwa Word merupakan perangkat lunak pengolah kata yang paling sempurna. Sudah menjadi kewajiban jika Anda ingin bekerja di bidang yang menggunakan komputer, untuk memahami berbagai ikon dan tools yang disediakan oleh Word.Tidak butuh waktu lama untuk bisa memahami berbagai fungsi di atas, asalkan Anda berlatih menggunakan Word terus-menerus, maka bisa dengan mudah menguasai aneka perintah yang disediakan oleh Microsoft Word demi mempermudah pekerjaan

 

  Sumber : https://www.arusgadget.com/fungsi-menu-ikon-microsoft-word/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fungsi fungsi dalam sweet home3d

FUNGSI-FUNGSI YANG TERDAPAT DALAM SWEET HOME 3D  1. Menu File Yang Berisi New : Untuk membuat lembar kerja baru Open : Untuk membuk...